MIRIS, SISWA KELAS 1 SD INI HANYA 3 ANAK, SELANJUTNYA YANG DILAKUKAN PIHAK SEKOLAH SUNGGUH MENGEJUTKAN

Twetinfo.com, Siswa kelas 1 SD ini hanya 3 anak - Setelah sekian lama libur, akhirnya kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan. Banyak wajah-wajah baru yang menghiasi setiap sekolah.

Banyak para guru dan siswa lainnya merasa senang karena mendapatkan teman baru di sekolahnya. Namun tak demikian dengan  SD Negeri Sukosari Kota Madiun.

Sekolah tersebut terlihat tampak sepi. Maklum, sekolah yang beralamat di Jalan Sri Linuhung no 1, Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun ini kekurangan murid.

Pada tahun ajaran baru 2017 ini, hanya ada tiga orang siswa baru yang mendaftar. Padahal, idealnya satu rombongan belajar dalam satu kelas berjumlah 28 murid.

Ketiga murid baru itu, bernama Hafis Said Ramadhan (6), Vellysa Putri Ramadhani (7), warga Kelurahan Tawangrejo dan Sheyla Novita Ardiany Jatmiko (7) warga Kelurahan Sukosari.

Kepala SDN Sukosari, Nurseha mengatakan, pagu siswa di SDN Sukosari Kota Madiun memang tidak terpenuhi. Jumlah siswa kelas satu di sekolah yang dia pimpin tidak ideal, karena tidak sesuai dengan jumlah.

Baca Juga: TAK HANYA PRETTY ASMARA, INILAH 7 ARTIS YANG JUGA DITANGKAP SAAT PESTA NARKOBA

Nurseha mengatakan, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab siswa atau orangtua murid enggan mendaftarkan anaknya sekolah di SDN Sukosari.

"Mungkin faktor lingkungan, Sukosari itu kan wilayahnya sempit, sebelah barat itu terpotong rel sehingga mau menyebrang juga kesulitan. Mungkin itu yang menjadi faktornya," alasan Nurseha, Senin (17/7/2017).

Alasan lain, kata Nurseha, jumlah anak-anak yang berusia layak untuk bisa mendaftar SD di wilayah Kelurahan Sukosari sangatlah minim.

Ia mengaku, pihak sekolah sudah berupaya menarik minat orangtua agar mendaftarkan anaknya ke SDN Sukosari. Misalnya, kata Nurseha, melakukan sosialisasi ke sekolah taman kanak-kanak (TK), berkoordinasi dengan kelurahan, dan mendatangi calon murid langsung ke rumahnya.

"Bahkan kami juga sudah door to door, tapi hasilnya ya seperti sekarang ini," ujarnya.

Nurseha menambahkan, minimnya jumlah siswa baru tidak hanya terjadi pada tahun ajaran ini saja, pada tahun ajaran sebelumnya sekolahnya juga kekurangan murid.

Pantauan di lokasi, pada hari pertama masuk sekolah, siswa baru tidak langsung mendapat pelajaran di dalam kelas. Tiga siswa baru, hanya diberi materi masa pengenalan lingkungan.

Ketiga murid baru, diajak berkeliling lingkungan sekolah bersama siswa kelas 2 hingga kelas 6 dan para guru. Selanjutnya, ketiga murid baru diajak ke dalam kelas dan diberikan penjelasan oleh guru tentang kegiatan belajar di kelas.

Kegiatan pengenalan lingkungan akan dilaksanakan selama tiga hari, Senin(17/7/2017) hingga Rabu (19/7/2017). Baru kemudian, pada Kamis (20/7/2017) kegiatan belajar mengajar dimulai.

Seorang murid baru kelas, Vellysa Putri Ramadhani (7) mengaku senang meski tidak memiliki banyak teman di kelasnya. Ia mengaku mau bersekolah di SDN Sukosari karena dekat dengan tempat tinggalnya.

Baca Juga: ASTAGA, SETELAH 7 TAHUN PACARAN DAN MEMUTUSKAN MENIKAH, TERNYATA SUAMINYA ADALAH

"Iya, senang. Dekat rumah," katanya.

Perlu  diketahui, siswa di SDN Sukosari secara keseluruhan berjumlah 54 siswa, dengan rincian siswa kelas 1 sebanyak 3 siswa, kelas 2 sebanyak 4 siswa, kelas 3 sebanyak 13 siswa, kelas 4 sebanyak 6 siswa, kelas 5 sebanyak 12 siswa, dan kelas 6 sebanyak 16 siswa.

MIRIS, SISWA KELAS 1 SD INI HANYA 3 ANAK, SELANJUTNYA YANG DILAKUKAN PIHAK SEKOLAH SUNGGUH MENGEJUTKAN


Saat dihubungi  terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heri Wasana belum dapat dikonfirmasi. Demikian juga Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun, Hariadi juga belum dapat dikonfirmasi.





badge