INILAH TANDA-TANDA AKAN TERJADINYA GEMPA, APA SAJAKAH ITU ?

Gempa memang menjadi bencana yang mengerikan bagi manusia. Bencana gempa memang sulit untuk diprediksi. Hal ini berbeda dengan bencana banjir, gunung meletus,  maupun tanah longsor.

Sampai saat ini belum ada alat yang dapat digunakan untuk memprediksi gempa. Gempa sering kali datang dengan cara yang tak terduga. Guncangan bumi ini tidak bisa datang dengan cara konsisten.

Para ilmuwan pun kini sedang mengembangkan teknologi yang nantinya mampu memberikan peringatan dini untuk sebuah gempa. Para ilmuwan ini mempelajari siklus dari bumi di sejumlah daerah di seluruh dunia. Selain itu, ilmuwan juga memperlajari sejarah tentang proses gempa di masa lampau.

Namun kebanyakan orang meyakini jika datangnya gempa itu sudah ada pertanda. Seperti gempa yang terjadi pada Rabu, 16 November 2016 ini ternyata sudah ada yang memprediksi. Dalam ramalannya yang diposting di facebook tersebut benar-benar terjadi.

Selain di Indonesia, pertanda gempa juga pernah diramalkan di Tiongkok. Gempa yang terjadi pada tahun 1976 ini sebelumnya memberikan tanda-tanda khusus. pada saat itu, permukaan air sumur naik turun selama tiga kali dalam sehari.

Di tempat lain, ada semacam gas yang keluar dari sumber air. Tikus-tikus berlarian di siang bolong. Dan banyak ikan-ikan di akuarium gelisah seakan-akan pengen keluar.

Pertanda gempa dari alam memang sangat banyak, berikut beberapa pertanda akan terjadinya gempa bumi.

Binatang yang geliah. Mungkin binatang sudah merasakan getaran kecil yang ditimbulkan dari getran bumi. itulah sebabnya banyak binatang merasa gelisah. Ini bisa dibuat acuan untuk peringatan dini terhadap gempa bumi.

Awan Misterius. Awan ini juga bisa menjadi pertanda akan terjadinya gempa. Awan ini memang sulit dibedakan dengan awan-awan yang lain. Namun ada juga orang yang mampu melihat awan dan menghubungkannya dengan gempa bumi.

Kilatan gempa. Kilatan sebuah cahaya juga bisa dijadikan acuan untuk peringatan terhadap gempa. Pertanda ini juga pernah dijadikan pertanda pada saat gempa di tiongkok dan juga italia. Orang-orang sering menyebutnya dengan 'cahaya gempa'.

INILAH TANDA-TANDA AKAN TERJADINYA GEMPA, APA SAJAKAH ITU ?


Itulah tanda-tanda alamiah akan terjadinya gempa. Meskipun sampai saat ini belum ada teknologi yang mampu mendeteksi akan adanya gepa, namun alam pun ternyata sudah memberikan tanda-tanda akan adanya guncangan bumi. Tapi meskipun begitu, kita juga harus tetap hati-hati.





badge