INILAH KRONOLOGI JATUHNYA PESAWAT HERCULES TNI AU DI WAMENA

Peswat Hercules yang berjenis A-1334 Navex 32 milik TNI AU jatuh disekitar gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya. Pesawat ini melakukan penerbangan dengan rute berangkat dari Timika, Kabupaten Mimika, ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu pagi, 18 Desember 2016,.

Pesawat ini membawa 12 kru dan 1 penumpang dinas. Pesawat ini berangkat dari Mimika sekitar pukul 05.35 WIT dn dijadwalkan akan sampai pada pukul 06.13 WIT. Dan pada saat pukul 06.09 WIT, pesawat hilang kontak.

"Tadi sekitar pukul 08.00 WIT, kami mendapat informasi dari pangkalan TNI AU Wamena bahwa pukul 06.09 WIT telah hilang kontak pesawat Hercules Jenis A-1334 Navex 32 milik TNI AU rute Timika-Wamena dengan pilot Mayor PNB Marlon," kata Teguh saat memberikan keterangan.

Seperti yang kami kutip dari kantor berita Antara, pesawat Hercules tersebut sedang mengangkut bahan makanan dan juga sejumlah material lainnya. Sebelum pesawat terjatuh, sempat mengontak tower bandara Wamena pada pukul 06.02 WIT. Pada pukul 06.08, pesawat trlihat akan mendarat, namun satu menit kemudian hilang kontak.

Sedangkan menurut Wakil Kepala Staf TNI AU, Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan, kalau pesawat jatuh di ujung landasan 33. Dia juga mengatakan jumlah kru pesawat ada 13 oramg.

"Pesawat kecelakaan di ujung landasan 33. Diawaki 12 orang, satu penumpang terusan dari Lanud Abdurahman Saleh. Jadi total korban 13 orang. Satu penumpang dinas atas nama Kapten Rino," kata Wakil Kepala Staf TNI AU, Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja saat konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Minggu, 18 Desember 2016.

Menurutnya, pesawat yang dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon A Kawer ini sebenarnya dalam kondisi baik. Dugaan awal kecelakaan adalah karena cuaca di situ dalam keadaan kurang baik.

INILAH KRONOLOGI JATUHNYA PESAWAT HERCULES TNI AU DI WAMENA


Berikut nama-nama kru pesawat hercules A-1334 Navex 32:

1. Mayor Mario A Kawer, instruktur penerbangan.
2. Kapten J. Hotian F. Saragih, penerbangan BR.
3. Lettu Hanggo Fitradhi, penerbangan II.
4. Lettu Fajar Prayogo Navigator I.
5. Peltu Lukman Hakim, juru radio udara.
6. Peltu Suyata, juru mesin udara I.
7. Peltu, Khusen, juru mesin udara II.
8. Serma Khodori, juru mesin udara II.
9. Peltu Agung, load master II.
10. Serma Fatoni, load master I.
11. Serda Suyanto, Extra Crew.
12. Peltu Agung, Tri W, load master I.
Satu penumpang dinas dari Lanud Abdurahman Saleh, Malang.
13. Kapten Rino






badge