INILAH ALASANNYA RUPIAH YANG BARU SULIT UNTUK DIPALSUKAN

Banyaknya kasus pemalsuan uang, membuat pemerintah dan Bank Indonesia (BI) untuk membuat desain baru. Unag rupiah jenis baru ini di klaim sulit dipalsukan oleh siapa pin. Rupiah jenis baru ini rencananya akan di luncurkan serentak pada Senin, 19 Desember 2016. Uang baru yang akan diluncurkan ini berjumlah 11 desain.

Desain uang baru ini nantinya akan dilengkapi dengan pengamanan yang lebih kuat. Pengamanan ini antara lain melalui color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso.

"Antara lain melalui penguatan unsur pengaman antara lain dilakukan melalui color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso," kata Suhaedi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Jumat (16/12/2016).

Dengan banyaknya pengamanan ini, diharapkan rupiah sama sekali tidak bisa dipalsukan. Dari segi color shifting, uang akan terjadi perubahan kontras jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Dari sisi rainbow feature, akan muncul multiwarna berupa angka nominal. Kemunculan ini juga terjadi jika dilihat dari sudut pandang tertentu.

Sedangkan dari sisi latent image, jika dilihat dari sisi tertentu juga akan muncul gambar berupa text BI dari depan, dan jika dari belakang akan muncul tulisan angka nominal.

Sementara itu dari sisi ultra violet feature akan tampak dua warna jika dilihat dibawah sinar UV. Dan untuk rectoverso akan terbentuk gambar saling isi logo BI jika diterawang.

Tak hanya sampai disitu, uang rupiah yang baru ini juga ramah dengan tuna netra. Uang ini dilengkapi dengan fitur tuna netra. Hal ini dilakukan agar mudah dalam membedakan uang antar pecahan.

"Pada saat kita mendesain uang baru ini, kita bertemu dengan lebih dari 10 orang. Kemudian kita uji cobakan. Mereka alhamdulillah bisa dengan cepat membedakan," ujar Suhaedi.

INILAH ALASANNYA RUPIAH YANG BARU SULIT UNTUK DIPALSUKAN


Mata uang rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sementara itu,  rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.





badge