GEGER, GURU NON PNS TERANCAM TIDAK GAJIAN DI TAHUN DEPAN

Menjadi guru merupakan tugas yang mulia. Mereka lah yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk mendidik anak bangsa. Dari yang tidak tau caranya emmbca hingga menjadi seorang ilmuwan. Tanpa guru, mereka tetap bukan siapa-siapa.

Namun dibalik profesi guru yang begitu mulia, terbesit banyk problem yang dialaminya. Bahkan permasalahan ini masih sulit dipecahkan oelh pemerintah.

Ada dua jenis status yang disandang oleh guru. yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga guru tenaga Honorer. Jika guru yang bernasib PNS sudah bisa dipastikan hidupnya akan enak dan sejahtera. Namun bagaimana dengan yang masis berstatus honorer?

Seperti yang kami lansir dari laman lintasberita, kejadian ini berasal dari Balikpapan - Kalimantan Timur. Di daerah ini terjadi pemindahan kewenangan dari pemkot ke pemprov. Namun, hingga berita ini dimuat, proses pemindahan kewenangn belum rampung.

Dampak yang dihasilkan dari pemindah kewenangan ini adalah terancamnya guru PNS tak bisa gajian tepat waktu. Yang lebih parah lagi, guru Non-PNS juga terancam tidak bisa gajian.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Balikpapan Purnomo mengatakan, pihaknya tidak bisa menjamin akan memberikan gaji tepat waktu pada guru PNS SMK dan SMA.

"Saat ini masih dilakukan konsolidasi jumlah PNS, jumlah tanggungan keluarga, proses SKPP, kemudian proses persetujuan mutasi dari BKN kepada provinsi untuk yang bersangkutan dari kabupaten/kota pindah ke provinsi, " ucapnya.

"Ini karena kondisi ramai semua bersamaan, jadi lama prosesnya. SKPP kami sudah siap tapi persetujuan pindah mutasi dari BKN belum. Kami tunggu nomornya berapa. Begitu keluar kami bisa dapat SKPP karena sudah disiapkan di BPKAD, lalu diproses di provinsi. Ini hubungan terus sama provinsi," lanjutnya.

Untuk gaji Non-PNS, pemkot belum berani menjamin. Karena hal ini masih terganjal dengan legalitas. Dia mengatakan jika legalitas tidak kuat, pihaknya tidak berani untuk membuat anggaran.

GEGER, GURU NON PNS TERANCAM TIDAK GAJIAN DI TAHUN DEPAN
Gambar Ilistrasi (sumber: google image)


"Perkiraan pemkot belum menyiapkan dana karena menyangkut kewenangan apakah nanti boleh atau tidak boleh memberi gaji. Karena dasar hukumnya harus kuat, jangan sampai kami menganggarkan salah dan jadi temuan," katanya.






badge