BAGAIMANA ASAL MULA PERINGATAN MAULID NABI? INI SEJARAHNYA

Memperingati Maulid Nabi memang sudah menjadi tradisi bagi umat muslim. Tidak terkecuali di negara Indonesia. Peringatan Maulid Nabi diperingati setiap tanggal 12 Rabiul awal tiap tahunnya.

Meskipun sudah menjadi tradisi, namun masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Jika ditelusuri dalam kitab Tarikh (sejarah), perayaan maulid nabi tidak ditemukan pada amsa sahabat. Bahkan juga tidak ditemukan sampai empat imam mazhab (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafii, dan Imam Ahmad).

Seperti yang kami lansir dari ROL, perayaan maulid nabi pertama kali muncul pada zaman Shalahuddin al-Ayyubi (1193 M). Shalahuddin disebut menganjurkan umatnya untuk melaksanaan perayaan Maulid Nabi. Hal ini dilakukan  guna membangkitkan semangat jihad kaum Muslim. Pada masa itu memang umat muslim dalam fase berperang melawan pasukan salib.

Meski demikian, pendapat tersebut juga masih menjadi perdebatan. Banyak yang menolak kalau Shalahuddin yang pertama kali mengajak untuk memperingati maulid nabi. Hal ini diungkapkan lantaran tidak adanya catatan sejarah.

Sebagian yang lain menyebutkan sejarah maulid nabi berasal dari Dinasti Ubadiyyun atau disebut  Fatimiyah (silsilah keturunannya disandarkan pada Fatimah). Al Maqrizi, yang juga salah satu tokoh sejarah Islam menerangkan, para khilafah Fatimiyah memang memiliki banyak perayaan sepanjang tahun.

Perayaan sepanjang tahun itu berupa perayaan tahun baru, hari Asyura, Maulid (hari kelahiran) Nabi, maulid Ali bin Ali Thalib, maulid Hasan dan Husain, maulid Fatimah al Zahra, perayaan malam pertama bulan Rajab, perayaan malam pertama bulan Syaban, perayaan malam pertama Ramadan, perayaan Idul Fitri dan Idul Adha, perayaan malam Al Kholij, perayaan hari Nauruz (tahun baru Persia), dan lainnya. (Al Mawa'izh wal I'tibar bi Dzikril Khutoti wal Atsar, 1/490. Dinukil dari Al Maulid, hal. 20 dan Al Bida' Al Hawliyah, hal. 145-146).

BAGAIMANA ASAL MULA PERINGATAN MAULID NABI? INI SEJARAHNYA


Selain dari teori diatas, ada beberapa buku sejarah yang juga menyebutkan kalau  Dinasti Ubadiyyun adalah yang pertama mengadakan perayaan maulid nabi. Namun, hal tersebut juga masih menjadi perdebatan.  Hal ini disebabkan, Ibn Jubair ketika melakukan perjalanan hajinya dan melalui Mesir, tidak menyebutkan adanya kebiasaan maulid nabi di sana. Perjalanan ini dilakukan pada tahun 1183.






badge