Sejarah Dan Asal usul Bakso Yang Perlu Kamu Ketahui

Ada yang tau darimanakah makanan bakso itu awal dibuat? Pasti banyak yang belum tahu kan, mari mulai saya bahas tentang asal usul bakso. Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di daerah Fuzhou, seorang pria bernama Meng Bo, tinggal di sebuah desa kecil. Dia memiliki kepribadian yang baik dan berbakti kepada sang orang tua. Bakti Meng Bo pada ibunya sangat diketahui oleh para tetangga.
Bakso
Suatu hari, sang ibu yang telah tua dan sudah tak dapat makan daging lagi, karena giginya sudah mulai tidak bisa memakan sesuatu yang sedikit keras. Karena hal tersebut sedikit mengecewakan karena dia suka sekali makan daging.

Meng Bo ingin membantu sang ibu supaya dapat memakan daging lezat lagi. Sepanjang malam duduk, memikirkan bagaimana cara mengolah sebuah daging yang ulet bisa menjadi lunak yang bisa dimakan oleh ibunya.

Sampai suatu hari, dia memperhatikan tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan untuk dijadikan menjadi kue mochi. Melihat hal itu, Meng Bo pun mulai timbul sebuah ide. Meng Bo langsung menuju ke dapur dan mengolah sebuah daging dengan cara yang sama seperti yang digunakan tetangganya dalam membuat kue mochi. Sesudah daging empuk, Meng Bo membuatnya menjadi bentuk bulat- bulat kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah. Selanjutnya dia merebus sebuah adonan itu, tercium bau daging yang lezat.

Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya. Sang ibu merasa senang sebab tidak hanya baksonya saja yang lezat, namun juga mudah untuk dimakan. Meng Bo sangat senang melihat sang ibu bisa memakan daging meskipun dengan cara dijadikan sebuah bakso.

Kisah berbaktinya Meng Bo pada ibunya beserta resep baksonya, cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Masyarakat setempat mulai berdatangan untuk belajar membuat bakso lezat pada Meng Bo.