Inilah Sang Rini Perempuan Misterius Pada Lukisan Bung Karno

Dipamerkan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan yang ke-71, Digelar di Galeri Nasional, Jakarta, seberjumlah 28 karya dari 20 pelukis dan di tambah dengan satu lukisan dari tangan Ir. Soekarno dipamerkan.

Rini, merupakan nama lukisan yang dibuat oleh Presiden Soekarno, menjadi salah satu lukisan yang di sukai oleh para pengunjung. Siapakah sosok wanita yang di lukis tersebut bernama Rini hingga kini masih misterius, kata kurator.

Selain itu ada juga karya seni lukisan Gadis Melayu dengan Bunga yang dibuat oleh Diego Rivera, seniman nomor wahid Meksiko yang konon diberikan sendiri oleh presiden dari negara Meksiko atas rayuan Ir.Soekarno.

Lukisan seorang wanita yang menghadap ke sebelah kanan, matanya melihat ke arah bawah. Bibirnya tertutup rapat, rambut berwarna hitam pekat, berombak dan dikuncir, mukanya berbentuk oval, kulit coklat cerah, dibelakang telinga kiri mengenakan sekuntum bunga dengan warna putih, merah, dan agak hijau (daun). Wanita tersebut memakai baju kebaya dengan warna hijau muda lengan panjang kemudian mengenakan bawahan kain batik. Berpose sedang duduk dengan santai, tangan diletakkan diatas paha.
Perempuan Misterius
Posisi tangan menyilang dengan tangan kanan diatas tangan kiri. Tangan kanan menghadap ke depan, sehingga jari-jarinya kelihatan renggang. Namun jari-jari tangan kiri tak nampak sebab tertutupi oleh siku tangan kanan. Di bawah tangan sebelah kanan terlihat seperti sebuah buku tua berwarna coklat.