Asal Usulnya Begini, Mengapa Bisa Disebut Kunci Inggris

Kalian pasti telah tahu apa itu kunci Inggris. Pastilah kalian juga telah tahu fungsinya yaitu untuk melepas dan memasang mur/baut yang bisa disetel melebar dan menyempit menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya. konstruksinya yaitu terdiri dari rahang geser ulir penyetel, rahang diam dan lengan.
Kunci Inggris
Jika ulir penyetel tersebut diputar rahang geser akan bergerak melebar atau menyempit. Namun tahukah kalian asal mula nama dari kunci Inggris?

Sebenarnya, kunci inggris tersebut dalam bahasa Inggris dinamai dengan adjustable spanner atau adjustable wrench. Akan tetapi di beberapa negara di Eropa malah menamai bendatersebut dengan 'English Key'.

Negara seperti Prancis, Jerman, Portugal, Italia, BElanda, dan lain negara-negara di Eropa lainnya telah sepakat memakai istilah tersebut. Mengapa demikian? Apakah kunci itu ditemukan di Inggris?

Benar!
Pada awalnya kunci Inggris tersebut ditemukan oleh seorang insinyur asal Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Akan tetapi di Indonesia, lebih sering disebut dengan nama kunci Inggris, sebab negara kita pernah dijajah oleh Inggris dan Belanda. Itulah alasan mengapa di negara Indonesia menyebutnya kunci Inggris.

Padahal, kunci Inggris yang telah kita ketahui sekarang ini bukanlah murni buatan dari Clyburn, akan tetapi telah disempurnakan oleh seseorang Johan Petter Johansson, dari Swedia. Dari sinilah mengapa beberapa negara seperti Denmark, Israel, dan Polandia, menamainya dengan Swedish Key atau berarti Kunci Swedia.\

Sekrang kalian telah tahu kan asal mula nama kunci Inggris.