Pilot Cantik Indonesia Namanya Sarah Widyanti Kusuma

Seorang wanita menjadi seorang pilot tercantik di indonesia adalah hal yang sangat menakjubkan. Pada kali ini saya akan membahas profil seorang wanita cantik yang dulunya pernah ikut kontes pencarian bakat di Indonesian Idol, yaitu Sarah Widyanti Kusuma dibalik kecantikannya dia juga bisa menjadi seorang pilot. Gadis yang lahir di Bandung pada tanggal 3 Maret 1988 ini adalah anak sulung dari Nazaruddin dan Telis Cahyati.
Pilot Cantik
Sarah serasa bermimpi, bila dia kembali melihat ke lembaran hidupnya di masa lampau. Karena ia dari keluarga yang kurang mampu. Meski seperti itu, pendidikan menjadi perhatian utama dari orang tuanya.

Sarah telah kuliah, namun ia masih terus ingin mengejar ilmu melalui sekolah yang bersubsidi dari pemerintah. Ia mencoba lagi ke STPI, dan ternyata pada tahun 2006 ada jurusan penerbangan. Dari seorang panitia ia menemukan informasi jika jurusan ini yang terbaik. Lulusannya akan menjadi pilot. Sarah langsung mendaftar, kemudian mengikuti beberapa tes yang harus dijalaninya. Dari ujian kemampuan akademik, wawancara hingga kesehatan. Untuk di jurusan penerbangan, secara khusus ia harus menjalani beberapa tes, termasuk membawa pesawat terbang.

Pengumuman lulus tes bakat tersebut ternyata harus menanti hingga berbulan-bulan lamanya. Sarah tetap kuliah dan juga bekerja sebagai usher. Karena tes bakat bersamaan dengan ujian semester akhir di UPI, ia pun terpaksa mengulang beberapa mata kuliah yang tak lulus. Ketika akhir tahun 2006 saat ia masih menengok neneknya di Kota Bandung, datanglah surat pemberitahuan lulus dari STPI.

Pada Januari 2007 tepatnya pada tanggal 13 Sarah telah resmi sebagai taruni STPI, satu-satunya perempuan dari 35 taruna yang diterima.

Pendidikan yang dijalaninya adalah semi militer, perlu kedisiplin tinggi termasuk dengan latihan fisik yang cukup berat dan melelahkan. Tapi semua itu bukan sebuah problem bagi gadis kelahiran Bandung ini, sebab ia telah bertekad untuk memperbaiki hidup keluarga dan ingin membahagiakan kedua orang tuanya.

Pada bulan Maret, setelah dua tahun terlampaui Sarah lulus kuliah, kemudian ia mendaftar ke maskapai ‘Garuda’. Disana ia juga harus melalui serangkaian tes, kemudian menjalani pendidikan lagi dan setelah itu barulah Sarah resmi menjadi pilot.

Pada bulan Januari 2010, merupakan hari bersejarah baginya. Di hari itu untuk pengalaman pertama kalinya ia mendapat tugas umtuk membawa pesawat dengan rute domestik.

Kini, profesi yang cita-citakannya sebagai seorang pilot telah menjadi bagian dari hidupnya. Tak disangkanya, ia yang semula menjadi SPG menawarkan sebuah produk kepada orang, sekarang telah menjadi seorang pilot. Pekrejaan serius yang membuat keluarganya bangga dan bersyukur. Sarah akan selalu mengingat pesan dari sang ibu supaya terus beribadah dan bekerja dengat giat. Adik Sarah juga terinspirasi, kelak ingin menjadi pilot.