RESEP MASAKAN LEBARAN CARA MEMBUAT RENDANG SAPI EMPUK

Resep Membuat Rendang Dan Mengolah Daging Sapi Supaya Empuk, Rendang sapi termasuk salah satu menu yang selalu ada ketika Lebaran telah tiba. Rendang makanan favorit hampir semua orang di Indonesia. Mengapa rendang selalu ada di setiap Lebaran atau hari-hari besar? Karena rendang adala makan yang merakyat di Indonesia apalagi kelezatan daging empuk dari rendang yang meresap bumbu rempah-rempah , menciptakan rasa ciri khas nusantara.

Resep cara membuat daging sapi yang empuk patut dicoba untuk ibu-ibu di rumah, tak sedikit cara untuk membuat daging sapi ini supaya menjadi empuk ketika membuat rendang, caranya adalah dengan merebus hingga lama daging sapi tersebut supaya benar-benar empuk. Yang jelas menggunakan cara merebus daging sapi suapaya empuk hingga berjam-jam dengan cara direbus tidak akan efektif, karena akan memakan banyak waktu yang akan terbuang.

Sebelum masuk ke resep membuat rendang daging sapi berikut, saya akan berikan tips-tips agar daging yang akan kita olah menjadi rendang menjadi empuk dahulu:

Dipipihkan
Buatlah menjadi pipih daging sapi sebelum dimasak adalah tips yang paling sederhana. Tapi, tak seperti merebus yang memakan waktu lama. Hanya saja, tips ini hanya bisa diterapkan pada beberapa menu masakan saja, seperti rendang dan daging bumbu kuning. Substansinya adalah masakan yang menggunakan potongan daging dengan ukuran sedang tidak terlalu tebal caranya sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan. Pukul daging dengan alat pemukul daging yang bergerigi, tumpuh sampai menjadi agak pipih terlebih dahulu sebelum dimasak. Setelah itu, tinggal dimasak dengan bumbu sesuai keinginan atau selera anda.

Balur dengan buah nanas yang sebelumnya sudah dihaluskan
Berbeda dengan cara sebelumnya, dengan menggunakan buah nanas yang sebelumnya sudah dihaluskan (diblender), kalian bisa memasak jenis daging apa saja dan setebal apapun yang anda inginkan, dijamin danging sapi tersebut akan menjadi empuk. Dan jangan lupa, memasaknya tidak menyita waktu yang lama. Syaratnya, anda disarankan menggunakan buah nanas yang masih muda. Sebab, nanas yang masih muda, mengandung banyak enzim bromelin yang dapat menguraikan serat daging sapi.

Dengan begitu, daging yang kita masak akan seketika menjadi empuk. Tipsnya, sesudah dibersihkan menggunakan air, balur seluruh permukaan daging dengan nanas muda yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu biarkan sekitar 20 menit atau sampai 30 menit. Setelah itu, dibersihkan supaya hilang rasa nanasnya, kemudian dimasak. Di sarankan, sembari menanti tekstur daging berproses menjadi empuk, anda bisa menyiapkan aneka bumbu yang akan digunakan untuk memasak nanti. Itulah yang dimaksud dengan manajemen waktu yang baik dalam memasak.

Balut dengan daun pepaya
Membalut dengan daun pepaya merupakan tips yang sering dilakukan oleh orangtua jaman dulu, saat memasak daging agar empuk. Yaitu, membalut daging menggunakan daun pepaya. Agar bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam sekali kerja, alangkah baiknya bila sebelum dibalut menggunakan daun pepaya, terlebih dahulu daging tersebut diberi bumbu. Bumbu yang dipakai boleh disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal itu bermaksud supaya bumbu dapat meresap ke dalam daging. Karena, sesudah dibungkus dengan menggunakan daun pepaya, daging harus dibiarkan terlebih dahulu sekitar 45 menit atau bisa lebih. Sembari menanti prosesnya, kalian bisa menyiapkan bahan-bahan yang lain.

Bahan :
-  pekak 1 buah
-  daging sapi lulur 500 gram, potong melebar kurang lebih 12 bagian
-  kelapa parut sangrai 2 sendok makan
-  daun jeruk 2 lembar
-  santan 1000-1500 ml dari 2 butir kelapa
-  serai 2 batang, memarkan
-  minyak goreng 2 sendok makan
-  daun kunyit 2 lembar

Resep Bumbu Halus Rendang Daging :
-  kunyit 1/2 cm
-  bawang merah 10 butir
-  jahe 1 cm
-  cabai merah 150 gram
-  kemiri 5 butir
-  cabai rawit sesuai selera
-  bawang putih 6 siung
-  jinten 1/2 sendok teh
-  garam secukupnya
-  ketumbar 1 sendok teh

Cara Membuat Rendang Daging Sapi :
-  Panaskan minyak, daun kunyit, tumis bumbu halus,daun jeruk, serai dan pekak hingga harum.
-  Masukkan daging sapi tesebut, aduk sampai berubah warna.kelapa parut sangrai 2 sendok makan Resep
-  Tuang santan cair dan tambahkan sedikit kelapa parut yang sudah di sangrai, masak di atas api dengan ukuran sedang sambil diaduk dengan perlahan hingga mendidih.
-  Kurangi regulasi api, masak sampai daging benar-bebar matang, kecoklatan dan berminyak.
-  Angkan dan sajikan.
RENDANG SAPI
Itulah info tentang Resep Membuat Rendang Dan Mengolah Daging Sapi Supaya Empuk. Semoga bermanfaat bagi kita semua.