RESEP KUE ROTI LEBARAN IDUL FITRI YANG ENAK BIKIN KETAGIHAN

Dapatkan Bermacam-macam rahasia bikin Roti kue lebaran. Resep kue Lebaran praktis Dan Terpopuler termasuk kue Atau roti Lebaran Terbaru, Berikut Resep Cara Membuat aneka macam Kue enak khas lebaran.

Resep Membuat Kue Semprit Manis
Berbentuk bunga dan berhiaskan sukade dibagian tengahnya. Dari segi bahan baku, kue kering ini mirip dengan kue sagu keju, hanya saja berbeda pada pemakaian tepung saja. Kue semprit memakai lebih banyak tepung terigu, sedangkan kue sagu sesuai namanya memakai tepung berbahan dasar sagu. Mungkin karena orang Indonesia kesulitan menyebutkan ‘spuit’ proses membuat kue memakai plastik segitiga dan besi corong khusus untuk membuat kue, sehingga muncullah nama kue semprit.

Sukade adalah semacam manisan kering dari labu. Biasanya di pasaran tersedia tiga warna sukade yaitu merah, hijau, dan kuning. Di dalam resep ini hanya digunakan sukade merah saja. Untuk lebih menarik, anda bisa memakai sukade bermaca- macam warna.

Bahan-bahan
-  200 gr mentega
-  100 gr tepung maizena
-  350 gram tepung terigu protein sedang
-  4 kuning telur
-  200 gr gula bubuk
-  ½ sdt garam
-  2 putih telur
-  50 gram Sukade/buah kering untuk hiasan
-  1 sdt vanila bubuk
-  Margarin untuk olesan

Cara membuat
-  Kocok mentega dengan ½ bagian gula bubuk sampai benar-benar mengembang. Kemudian masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
-  Masukkan  vanili bubuk, garam, tepung terigu, dan tepung maizena, aduk perlahan dengan menggunakan sendok berbahan kayu sampai benar-benar rata.
-  Kocok putih telur dengan sisa gula bubuk hingga mengembang dan kaku.Setelah itu masukkan ke dalam adonan tepung secara sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.
-  Kemudian masukkan adonan kedalam plastik berbentuk kerucut yang telah diberi mata spuit berbentuk bintang. Semprotkan adonan berbentuk bunga di atas loyang datar yang sebelumnya telah diolesi dengan margarin. Hiasilah bagian atasnya dengan sukade supaya terlihat menarik.
-  Panggang dengan suhu sekitar 160°C hingga 25 menit sampai benar-benar matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin.
-  Simpan dalam stoples kedap udara.

Resep Kue Bola-bola Rasa Coklat
Bola-bola Coklat adalah kue kering yang terbuat dari biskuit marie atau biskuit susu yang dihancurkan, kemudian di campurkan susu kental manis agar adonan kuenya dapat menyatu dan bisa Anda bentuk menjadi seperti bola. Jika telah berbentuk bulat seperti bola dan menempel Anda hanya perlu menggulingkannya dalam coklat meses sehingga bola-bola kue tadi mempunyai selimut coklat meses yang lezat. Tambahan coklat batangan dalam kue marie menambah rasa coklatnya semakin manis dan menambah selera untuk memakannya. Berikut resep selengkapnya.

Bahan-bahan
-  100 gram kue marie (dihaluskan)
-  50 gram cokelat batangan (lelehkan)
-  4 sendok makan susu kental manis
-  50 gram cokelat meses

Cara membuat
-  Haluskan kue marie hingga benar-benar halus. Setelah itu masukkan susu kental manis dan bentuk bola-bola sesuai keinginan di rekomendasikan sebesar kelereng. Pangganglah dalam oven sekitar 15 menit atau hingga kue tersebut kering
-  Celupkan kue berbentuk bola tersebut ke dalam cokelat yang meleleh, kemudian gulingkan ke dalam cokelat meses
-  Kemudian masukkan ke dalam freezer agar cokelat dapat mengeras dan kue terasa renyah (crunchy)
-  Sajikan

Resep Kue Putri Salju Manis
Kolaborasi rasa gurih dari kacang mede dalam adonan kue dan manisnya gula halus di bagian luar membuat kue kering ini menjadi camilan favorit semua orang, baik tua maupun muda. Resep kue putri salju juga mudah untuk diterapkan dengan bahan-bahan yang tersedia dirumah Anda. Yang perlu diperhatikan, saat membuat adonan membentuk seperti bola-bola sebesar kelereng, jangan terlalu besar. jika besar adonan bisa mengakibatkan matangnya tidak merata.

Saat menaruh di dalam loyang, di sarankan jangan terlalu rapat sehingga dapat sirkulasi udara panas di dalam oven bisa berjalan baik, sehingga dapat meminimalisir risiko kue retak.

Untuk variasi, kacang mede dapat juga di gantikan menggunakan kacang tanah. Hanya saja rasa kue akan sedikit berkurang gurihnya. Untuk gula halus, pakailah gula yang halus dengan kualitas bagus dan tidak lembab. Gula yang sedikit lembab dapat mengakibatkan tampilan kue Purti Salju di dalam stoples tidak menarik. Kue putri salju dapat bertahan dalam stoples kedap udara kurang lebih sekitar 1 bulan. Akan tetapi jika stoples pernah dibuka, terkadang gula halus akan menjadi mudah lembab. Jadi lebih baik segera dikonsumsi kue ini setelah stoples dibuka.

 Bahan-bahan
-  200 gr kacang mede, sangrai dan haluskan
-  100 gr gula mentega
-  200 gr gula bubuk, untuk taburan
-  Margarin untuk olesan
-  1 sdt garam
-  200 gr tepung terigu protein rendah

Cara membuat
Campurlah gula bubuk, kacang mede yang dihaluskan, mentega, tepung terigu, dan garam. Di aduk perlahan dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata.
Buat bulatan sebesar kelereng, letakkan di atas loyang datar yang sebelumnya telah diolesi menggunakan margarin.
Taruhlah ke dalam oven dengan suhu 160C selama 25 menit sampai benar-benar matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin dahulu.
Lumuri menggunakan gula bubuk hingga merata. Simpanlah dalam stoples yang kedap udara.
Sajikan

Resep Kue Nastar
Kue nastar identik dengan datangnya hari raya Lebaran maupun Natal dan resep kue nastar ini bagus untuk hari-hari besar tersebut. Belum lama ini pun mulai bermunculan nastar dengan varian baru yang tidak hanya berisi selai nanas saja. Namun kue nastar isi selai strawberry, blueberry, dll. Namun nastar dengan isi selai nanas tetaplah menjadi kue klasik yang menjadi favorit semua orang. Dengan tekstur nanas yang sedikit berserat, menjadikan selai nanas begitu spesial untuk isian kue nastar.

Agar nastar tersebut tidak retak atau pecah saat dipanggang, disarankan jangan mengocok mentega terlalu lama dan pakailah mixer untuk mengaduk dengan kecepatan rendah. Jangan memasukkan isi selai nanas terlalu banyak, menyebabkan kulit nastar menjadi tipis. Ketika memanggang jangan menyusun adonan nastar dalam loyang terlalu rapat, jadi suhu di dalam oven bisa rata menyebar.

Jika anda bermaksud membuat kue nastar untuk disajikan pada saat hari raya atau hari-hari besar, anda dapat membuat resep ini sekitar seminggu sebelum hari H. Selama ditempatkan di stoples kedap udara, nastar bisa bertahan sekitar 2 bulan. Jika wadah sudah dibuka, kerenyahan nastar bisa bertahan sampai 1 minggu. Lebih dari itu terkadang kulit luarnya mulai melempem.

Bahan-bahan :

-  1 putih telur
-  400 g tepung terigu protein rendah
-  100 g tepung maizena
-  250 g mentega
-  4 kuning telur
-  150 g gula bubuk
-  1 sdt garam
-  1 sdt vanili bubuk
-  Cengkih, untuk hiasan
-  2 kuning telur, untuk olesan
-  Margarin secukupnya, untuk olesan

- Selai:
600 g buah nanas, parut
- 3cm kayu manis
- 150 g gula pasir
- 5 butir cengkih

Cara membuat
-  Campur semua bahan menjadi satu kecuali selainya. Masak sambil diaduk-aduk hingga matang dan kalis. Angkat, biarkan dingin.
-  Kocok gula bubuk dan mentega sampai putih dan benar-benar mengembang
-  Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga benar-benar tercampur rata.
-  Masukkan tepung terigu, vanili bubuk, dan garam, tepung maizena, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata.
-  Buat adonan menjadi bulat-bulat , kemudian masukkan selainya kedalam setiap adonan yang telah berbentuk bulat tadi.
-  Taruhlah pada loyang datar yang sebelumnya telah diolesi dengan mentega. Ingat jangan terlalu rapat saat menaruh adonannya.
-  Masukkan ke dalam oven dengan suhu 160C selama 25 menit sampai benar-benar matang dan kering.
-  Sajikan
KUE ROTI LEBARAN
Itulah info tentang Resep membuat Kue Khas Lebaran Idul Fitri. Semoga bermanfaat bagi kita semua.