OBAT ALAMI KETOMBE RAMUAN TRADISIONAL KUNO

Ketombe adalah hal yang sangat menganggu bagi semua orang. Ketombe akan membuat rambut terlihat kusam, kotor, dan lepek. Ketombe adalah sel kulit yang telah mati dan menjadi mengelupas dikarenakan folikel pada rambut yang berkurang.

Ketombe bisa menjangkit semua orang, baik seorang wanita maupun laki-laki, muda maupun tua. Penyebab ketombe berbeda-beda setiap orang. Biasanya, penyebanya tidak cocok memakai suatu produk shampoo tertentu, bisa menyebabkan timbulnya ketombe.

Ketombe juga dapat dipicu dari faktor luar seperti debu yang menempel pada kulit kepala, dan rambut berminyak juga bisa mengakibatkan datangnya ketombe pada kulit kepala anda. Ketombe sebenarnya adalah  pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. tidak dianjurkan untuk menggaruk kulit kepala, karena dapat memperparah terjadinya ketombe, dan dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi luka dan infeksi.

Inilah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menghilangkan ketombe secara tradisional dan pastinya cukup efektif dan sederhana untuk mengusir ketombe anda, yaitu :

Baking Soda
Cara mengusir ketombe yang pertama adalah menggunakan baking soda. Baking soda biasanya digunakan untuk membuat adonan roti atau kue di rumah. Namun nyatanya baking soda adalah bahan yang dapat digunakan sebagai cara mengusir ketombe. Baking soda dapat mengusir ketombe dan menghaluskan kulit mati yang menjadi penyebab ketombe. Tak hanya itu, baking soda juga dapat digunakan untuk memusnahkan jamur atau bakteri di kulit kepala. Caranya anda bisa mengambil satu sendok makan baking soda, setelah itu campurkan dengan segelas air. Aduk sampai rata, selanjutnya siramkan ke kepala sampai merata dengan dipijat. Bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

Cuka
Cara mengusir ketombe secara alami yang kedua adalah menggunakan cuka. Membilas rambut dengan menggunakan cuka, adalah cara yang cukup efektif untuk mengusir ketombe. Cuka akan bekerja menghilangkan sel kulit mati yang menjadi penyebab ketombe. Tak hanya itu cuka juga tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit kepala anda. Cuka dapat berfungsi sebagai pembunuh jamur yang cukup lebih efektif. Cara membuat ramuan cuka untuk ketombe ini sangatlah mudah. Ambil setengah cangkir air hangat yang dijadikan satu dengan setengah cangkir cuka apel. Campurkan menjadi satu, kemudian jadikan sebagai shampoo untuk rambut anda.

Lidah Buaya (Aloe vera)
Lidah buaya adalah sebuah tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit kepala dan rambut anda. Lidah buaya sangat efektif digunakan sebagai cara mengusir ketombe. Nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya, bisa membantu menghambat proses proliferasi sel kulit. Jika proses ini berjalan dengan cepat dapat mengakibatkan tumbuhnya ketombe dengan cepat. Anda bisa mengambil satu batang lidah buaya, belahlah lidah buaya menjadi dua bagian, setelah itu ambil gelnya. Haluskan gel tersebut, selanjutnya usapkan ke seluruh kepala sampai merata. Biarkan beberapa menit dahulu, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

Garam
Cara mengusir ketombe yang ketiga adalah dengan memakai garam. Bahan tersebut mudah untuk didapatkan. Kristal yang terdapat pada garam berfungsi untuk menghilangkan ketombe. Dengan menggunakan garam kulit kepala akan bersih dan terhindar dari sel kulit kering (ketombe) yang menganggu. Anda dapat mengambil sejumlah garam yang bersih. Dianjurkan memakai garam yang halus. Pakailah garam untuk scrub atau di oleskan pada bagian kepala anda. Ratakan sambil pijat secara perlahan.
KETOMBE
 Biarkan beberapa menit hingga kristal pada garam merekat dengan baik dengan kulit kepala. Pastikan kristal tersebut merata karena dengan merata hasilnya akan maksimal. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.