CARA BUAT OPOR AYAM KETUPAT MASAKAN KHAS LEBARAN

Cara Resep Membuat Opor Ayam Bumbu Kuning Yang Enak, Opor ayam adalah maskan ayam berkuah santan yang menjadi makanan favorit nusantara. Masakan yang satu ini terbuat dari daging ayam yang dimasak memakai aneka rempah-remapah, dan santan kenatal yang dihasilakn dari buah kelaapa. Tak jarang opor ayam sering disajikan dengan lontong (ketupat), yang dimana sering disajikkan pada saat ada acara seperti acara reuni keluarga, hingga hari lebaran.

Nanti kita akan bahas tentang tips membuat ketupat, tapi lebih baik kita masuk ketopik pembahasan tentang Cara Membuat Opor Ayam Bumbu Kuning Yang Enak. Silahakan disimak siapa tahu bisa dijadikan menu pilihan bagi keluarga tercinta anda.

Cara Membuat Opor Ayam Bumbu Kuning Yang Enak.
Bahan membuat opor ayam :
-  Lengkuas 3 cm (memarkan)
-  Daging ayam 1 ekor (potonglah sesuai keinginan).
-  Santan 1 liter
-  Jahe 2 cm (digeprak)
-  Kunyit 3 cm
-  Sereh 2 batang
-  Daun salam 2 lembar
-  Merica butiran 1 sendok teh
-  Gula pasir secukupnya
-  Garam secukupnya
-  Bawang merah 7 butir
-  Minyak goreng secujupnya
-  Bumbu Opor ayam yang dihaluskan:
-  Ketumbar 1 sendok teh
-  Bawang putih 5 siung
-  Pala 1/4 butir
-  Jinten 1/4 sendok teh
-  Kemiri 5 butir

Cara Membuat opor ayam :
-  Tumis bumbu yang telah dihaluskan menggunakan blender atau menggunakan cobek, daun salam, jahe tambahkan serai, dan lengkuas aduk sampai harum.
-  Masukkan daging ayam tersebut,  masak dan aduk  hingga berubah warnanya, kemudian tambahkan santan garam dan gula pasir secukupnya
-  Opor ayam siap untuk disajikan buat keluarga dan kerabat dekat anda. Sajikan dengan lontong atau ketupat maka akan bertamah lezat.

Cara Memasak Ketupat :
Nasi ketupat berarti membuat lontong memakai janur ( daun kelapa ). Pada saat ini sudah di pasar banyak di jual bungkus ketupat yang sudah jadi, jadi anda tidak perlu membikinnya sendiri. Pakailah bungkus ketupat yang bentuknya rapat dan bagus. Tidak disarankan mengambil janur yang sudah kering. Dengan demikian saya anjurkan untuk membuat atau membeli bungkus ketupat menggunakan janur masih baru.

Berikut cara membuat ketupat :
-  Perebusan atau pematangan ketupat memakan waktu yang lumayan lama sehingga membutuhkan sedikit persiapan. Salah satunya adalah isi tabung gas anda harus benar-benar diperhatikan, hal ini agar jangan sampai gas habis sebelum ketupat matang.
-  Sesudah semua persiapan seperti beras yang bagus dan bungkus ketupatnya juga dengan bentuk yang bagus pula ada, mari sekarang awali saja cara membikin ketupat yang padat berisi.
-  Rendam bungkus ketupat terlebih dahulu kurang lebih 1 jam agar daun kelapa ( janur ) tidak mudah patah.
-  Cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Untuk hasil yang maksimal anda bisa menambahkan air kapur sirih saat mencuci beras.
-  Untuk 1 liter beras bisa di isi pada 10 bungkus ketupat atau lontong.
Isi bungkus ketupat dengan ± ¾ dari tinggi bungkus ketupat atau biasa disebut sebagai lontong.
-  Rebus selama 4 hingga 5 jam. Namun jika anda menggunakan panci presto maka hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam saja.
OPOR AYAM
Demikian adalah cara Membuat Opor Ayam Bumbu Kuning Yang Enak dan Cara Memasak Ketupat. Semoga bermanfaat bagi kita semua.