Arti Ngabuburit Dan Cara Ngabuburit Yang Asyik Menunggu Berbuka

Ngabuburit adalah istilah yang dipakai oleh masyarakat Indonesia ketika bulan Ramadhan datang. Istilah ngabuburit diartikan dengan menjalankan kegiatan yang bermanfaat sembari menunggu waktu untuk berbuka puasa. Tetapi, mengertikah kamu jika istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang berarti menjelang petang (ketika maghrib). tak tahu dari kapan istilah ngabuburit menjadi terkenal secara luas. Tapi satu yang pasti, hampir semua masyarakat di Indonesia percaya ngabuburit dapat membuat waktu puasa terasa lebih mantap dan berjalan dengan cepat. Tidak terasa tiba-tiba sudah tiba saatnya untuk berbuka.

Nah, semakin digemarinya kegiatan ngabuburit ini, banyak berkembang cara seru dan asyik yang dapat dijalankan bereng-bareng dengan keluarga, saudara, sahabat, dan rekan serta teman. Kalian dapat memulainnya diri rumah, di masjid bahkan keluar di tempat wisata yang bernilai positif. Berikut ini ada beberapa saran yang dapat kalian lakukan agar kegiatan ngabuburit kalian terasa asyik dan seru. Hal yang pasti, kerjakanlah kegiatan  positif dan bermanfaat supaya mendapatkan keberkahan dan tidak mengurangi amalan puasa atau membatalkan puasa.

1. Memasak bersama
Kegiatan yang satu ini biasanya memang dilakukan oleh kaum hawa, tapi laki-laki juga boleh mencobanya. Cara yang satu ini memiliki banyak manfaat antara lain, belajar  untuk memasak, menciptakan kedekatan sampai menghemat pengeluaran untuk membeli takjil berbuka.

Kalian dapat melaksanakan kegiatan ini bersama dengan keluarga, saudara bahkan dengan teman dekat. kalau bingung ingin memasak apa, berbagai resep makanan serta kreasi masakan yang menarik di jaringan internet, majalah masakan bahkan di saluran televisi dapat dengan mudah kalian jajal. Apapun nanti hasil jadinya, ada kebanggan, kenikmatan, kebersamaan, dan kehangatan bahkan keseruan tersendiri akibat menjalankan kegiatan tersebut.

2. Berwisata kuliner atau berburu menu ta’jil
Sembari menanti datangnya waktu berbuka kalian dapat berwisata untuk sekedar mencari kuliner atau berburu menu makanan untuk berbuka puasa. Setiap bulan ramadhan banyak sekali pasar makanan yang diselenggarakan di berbagai tempat. biasanya berdekatan dengan masjid, pasar atau tempat-tempat yang menarik jadi pusat perhatian.

Selain itu kamu juga dapat menjajal untuk berburu ta’jil ke berbagai masjid. Selepas bertadarusan"mengaji" atau berbagai aktivitas lain dalam masjid, menikmati ta’jil bersama boleh jadi alternatif.

3. Bermain game atau permainan seru lain
Bagi para gamers atau pecinta game, meluangkian waktu berpuasa dengan kegiatan bermain game sampai waktu buka puasa mampu menjadi kegiatan yang menarik dan seru. Game harus selalu aplikasi yang berada di gadget, kalian pun dapat mencoba permainan tradisional misalkan congklak, monopoli serta masih lebih banyak lagi yang lain.

4. Pergi ke perpustakaan
Bagi kalian yang tidak begitu menyukai berada di keramaian tetapi kepengin ngabuburit yang santai dapat mencoba membaca berbagai buku di perpustakaan umum. Kalian juga dapat mengunjungi book'store atau tempat seru yang lain supaya mampu membaca sembari menunggu buka.

5. Ngaji, berdiskusi keagamaan atau mendengarkan tausiah di Masjid
Kegiatan ngabuburit yang satu ini begitu dianjurkan karena bermanfaat baik di kehidupan dunia ataupun kehidupan di alam akhirat. Selain bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru,  berbagai cerita yang mengispirasi serta mendapat informasi pengetahuan kalian akan pula mendapatkan pahala.

6. Berjualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa
Kegiatan yang satu ini mempunyai banyak sekali kebaikan bila dilakukan saat waktu ngabuburit. Yang kalian ketahui, ketika Ramadhan datang barbagai pedagang makanan dadakan juga muncul dengan menjajakan barang jualannya. Kalian dapat mencoba bersama denagn keluarga, saudara bahkan kawan-kawan. Selain untuk keseruan, kalian juga akan memperoleh keuntungan hasil dagangan kalian.
Ngabuburit
supaya ngabuburit kalian dapat lebih bermanfaat dan menyenangkan beberapa info tambahan jitu supaya menperoleh keberkahan berpuasa, antaralain:

- Menjaga kondisi tubuh agar selalu fit supaya ngabuburit jadi semakin semangat

- Jangan berlebihan, misalkan membeli berbagai makanan berbuka terlalu berlebihan.

- Jangan memilih acara ngabuburit yang terlalu menghabiskan energi sebab akan membuat tubuhmu cepat lemah.

- Selalu melaksanakan sholat, seseru dan seenak apapun kegiatan ngabuburit kalian akan makin berkah bila dibarengi dengan sholat berjamaah dan tepat waktu.