Menguak Misterinya Angka 4 Yang Berada Pada Jam Gadang

Menguak Misterinya Angka 4 Yang Berada Pada Jam Gadang, Kota Padang Yang memiliki simbol menarik yakni sebuah jam berukuran raksasa yang biasa disebut jam gadang, Kota yang disebut adalah Bukittinggi yang ada di provinsi Sumatra Barat memiliki. taukah kamu Jam ini sudah ada sejak tahun 1926 yang telaah dibangun oleh Yazin dan Sutan Gigi Ameh.

-Menurut Sebuah Sejarah, jam gadang merupakan sebuah hadiah yang diberikan dari Ratu Belanda kepada Controleur, dan Selain memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, ada beberapa lagi yang membikin jam gadang ini terlihat menarik.

-Kalau anda coba perhatikan pada bagian angkanya, tulisan pada angka romawi “4” sedikit sangat berbeda. Seperti yang kita ketahui, angka romawi empat dilambangkan dengan “IV”. dan Sementara, pada jam gadang ini justru menggunakan “IIII”. Kenapa bisa begitu ya...?
Jam Gadang
-Lalu apakah terjadi sebuah kesalahan saat pembuatan jam gadang ini? yang sampai saat ini angka 4 pada jam gadang memang masih menyisakan sebuah tanda tanda misteri. dan Menurut beberapa masyarakat setempat, angka 4 tersebut menunjukkan jumlah korban saat pembangunan tempat ini.

-Sebenarnya angka 4 pada jam gadang yang dilambangkan dengan empat batang panjang bukanlah sebuah kesalahan. Jauh sebelumnya, King Louis XIV [1638 - 1715] pernah memerintahkan pembuat jam untuk membuaatkan jam baginya. Setelah jam selesaai, Louis kemudian melihat jam tersebut dan merasakan keanehan paada angka empatnya.

-Terasa Merasa janggal, raja lalu menyuruh pembuaat jam untuk merubah angka 4 yang semula ditulis “IV” menjaadi “IIII”. Alasannya karena angka “IV” tidak memiliki keseimbangan secara visual.

-Baiklah...., apakah angka 4 pada jam gadang terinspirasi dari kisah King Louis XIV, ataau mungkin kesalahan pembuaatnya, ataau bisa saja ada maaksud tersendiri dibalik itu semua. Entahlah, haanya Tuhan dan sang arsitek saaja yang mengetahuinya.