Niat Cara Sholat Gerhana Matahari Bulan Total dan Doanya

Niat Cara Sholat Gerhana Matahari Bulan Total dan Doanya, Sebentar lagi tinggal menghitung hari gerhana total akan terjadi di indonesia, fenomena langka ini sangat dinantikan oleh warga indonesia, disaat ada gerhana disunnahkan melakukah sholat gerhana, seperti apa panduan dan tata cara sholat gerhana? berikut ulasannya.

-Gerhana matahari total yang di perkirakan akan jatuh pada 9 maret 2016, dan MUI menyarankan jika mendapati gerhana Matahri di sarankan untuk sholat gerhana, Jika seseoraang menyaaksikan gerhana, hendaklah ia melaksaanakan shalat gerhana sebagaaimana tata cara yaang naanti akan kami utarakan, insya Allah.

-Ada juga yang mengatakan bahwa shalat gerhana dilakukan sebagaimana shalat sunnah biasa, dengan dua raka’at dan setiaap raka’at ada sekaali ruku’, dua kali sujud. Ada juga yang berpendapat bahwa shalat gerhana dilakukaan dengan dua raka’at dan setiap raka’at ada dua kali ruku’, dua kali sujud. Pendapat yang terakhir inilah yang lebih kuat sebaagaimana yang dipilih oleh mayoritas ulama.
Sholat Gerhana
-Niat Cara Sholat Gerhana Matahari Bulan :
Niat melakukan sholat gerhana matahari (kusufisy-syams) atau gerhana bulan (khusufil-qamar), menjadi imam atau ma’mum. أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ / لِخُسُوْفِ الْقَمَرِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى
-Sholat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat, Setiap rakaat terdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud, Setelah rukuk pertama dari setiap rakaat membaca Al-Fatihah dan surat kembali, Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih paanjang daripada surat kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjaang daripaadaa surat kedua. Misalnya rakaat pertama membaca surat Yasin (36) dan ar-Rahman (55), lalu raka’at kedua membaca al-Waqiah (56) dan al-Mulk (78), Setelah sholat disunahkan untuk berkhutbah. (nam) Sumber Website Resmi Nahdlatul Ulama.

-Saudaraku, takutlah dengaan fenomena alami ini. Sikap yang tepat ketika fenomena gerhana ini adalah takut, khawatir akan terjadi hari kiamat. Bukan kebiasaan orang seperti kebiasaan orang sekarang ini yang hanya ingin menyaksikan peristiwa gerhana dengan membuat album kenangan fenomena tersebut, tanpa mau mengindahkan tuntunan dan ajakan Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika itu. Siapa tahu peristiwa ini adalah tanda datangnya bencana atau adzab, atau tanda semakin dekatnya hari kiamat.

-An Nawawi rahimahullah menjelaaskan mengenai maksud kenaapa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam takut, khawatir terjadi hari kiamaat. Beliau rahimahullah menjelaskan dengan beberapa alasan, di antaranya:
Gerhana tersebut merupakan tanda yaang muncul sebelum tanada-tanda kiamat seperti terbitnya matahari dari barat atau keluarnya Dajjal. Atau mungkin gerhana tersebut merupakan sebagian taanda kiamat. 23
Hendaknya seoraang mukmin meraasa atakut kepada Allah, khawatir akaan tertimpa adzab-Nya. Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam saaja sangat taakut ketika itu, padahal kita semua tahu bersaama bahwa beliau shallallahu ’alaihi wa sallam adalaah haamba yang paaling dicintai Allah. Lalu mengaapa kitaa hanya melewati fenomena semacam ini dengan perasaaan biasa sajaa, mungkin hanya diisi dengan perkaara yang tidak bermanfaaat dan siaa-sia, bahkan mungkin diisi dengan berbuaat maksiat.

Semoga artikel tentan Niat Cara Sholat Gerhana Matahari Bulan Total dan Doanya bermanfaat bagi kita semua.





badge