Sejak 2001 Kecelakaan Pesawat Hercules Sudah 4 Kali

Kecelakaan Pesawat Hercules Sudah 4 Kali
Sejak 2001 Kecelakaan Pesawat Hercules Sudah 4 Kali, Hercules C-130 adalah pesawat milik Indonesia buatan Lockheed Martin dari Amerika Serikat. Pesawat ini didapatkan Indonesia berkat kepiawaian bernegosiasi presiden pertama Ir. Soekarno sehingga Amerika Serikat mau memberi 10 pasawat Hercules. Informasi yang kami dapatkan Indonesia adalah negara pertama di luar Amerika Serikat yang diberi wewenang menggunakan pesawat Hercules.

Teknologi Pesawat Hercules C-130 pada zamanya bisa dibilang sangat maju, sehingga hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri untuk Indonesia. Pesawat Hercules mempunyai desain keselamatan dan keamanan yang tinggi. Pesawat Hercules merupakan pesawat yang handal dalam melakukan pengiriman logistik ke berbagai wilayah terpencil baik kebutuhan militer ataupun kemanusiaan.

Catatan Insiden Kecelakaan Pesawat Hercules. Informasi yang kami dapatkan pesawat Hercules milik Indonesia sudah 4 kali mengalami kecelakaan sejak tahun 2001. Berikut ini catatan kecelakaan pesawat hercules yang pernah mulai dari tahun 2001.

Kecelakaan Pesawat Hercules L-100 pada 20 Desember 2001 di Lhokseumawe, Aceh Utara. Dalam peristiwa ini untungnya tidak ada korban jiwa. Waktu itu pesawat milik TNI AU yang bernomor registrasi A-1329 ini sedang mengangkut 80 penumpang dan mengalami pendaratan tidak sempurna di bandara Malikul Saleh.

Kecelakaan ban terlepas di Jayawijaya, Papua pada 11 Mei 2009. Pesawat Hercules C-130 ini tergelincir dan mengalami kecelakaan di bandar udara Wamena. Belum lama kejadian di Wamena, Hercules mengalami kecelakaan lagi di Magetan, Jawa Timur yang menewaskan 100 orang yaitu 98 penumpang dan 2 warga setempat. Kecelakaan di Magetan terjadi tanggal 20 Mei 2009, pesawat menabrak pemukiman dan ladang kemudian terbakar.

Kecelakaan Pesawat Hercules di Medan, Sumatera Utara terjadi belum lama ini, 30 Juni 2015. Baru sebentar lepas landas pesawat ini mengalami kecelakaan dan menewaskan lebih dari 140 orang. Baca juga Dugaan penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules di Medan.