Dugaan Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules di Medan

Dugaan Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules di Medan, Peristiwa jatuhnya pesawat pada 30 juni 2015 ini menjadi berita yang banyak dicari di berbagai media. Peristiwa duka yang menimpa TNI AU dan juga seluruh warga Indonesia ini menambah catatan buruk tentang keselamatan penerbangan di Indonesia. Hingga saat ini muncul berbagai dugaan tentang penyebab kecelakaan pesawat ini.
Dugaan Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules
Peristiwa jatuhnya pesawat Hercules C-130 saat ini masih belum diketahui penyebab pastinya. Panglima Komando Operasi I TNI AU, Marsekal Muda Agus Dwi Putranto memberitahukan kepastian penyebab dari jatuhnya pesawat ini masih harus menunggu hasil dari penyelidikan tim investigasi yang dibentuk TNI AU. Lihat Juga Beginilah Foto Jatuhnya Pesawat Jenis Hercules C130 di Medan.

Dugaan dari hasil analisis sementara mengungkapkan bahwa satu mesin mati sebelum pesawat mencapai kecepatan yang cukup. Sebelum jatuh pilot pesawat Hercules sempat meminta untuk Return To Base, karena masalah mesin tersebut. Selain itu dari temuan di lapangan juga menunjukkan satu dari empat mesin pesawat mati.

Pesawat Hercules sempat menabrak antena karena posisinya bergeser oleng ke kanan, tak lama kemudian pesawat menghantam rumah-rumah dan sebuah hotel. Elfrida Efi, salah satu resepsionis di Hotel Golden Eleven juga mengatakan "Pesawat melintas beberapa kali di atas, sangat rendah. Lalu ada api dan asap hitam. Ketiga kalinya melintas pesawat jatuh ke atap hotel dan langsung meledak,".

Pesawat Hercules C-130 memang sudah tua, pesawat ini telah dipakai sejak tahun 1964. Tetapi Dwi menampik kemungkinan pesawat jatuh akibat terlalu tua. "Tidak ada pesawat jatuh karena usia. Sebab, pesawat ada pemeriksaan rutin berkala yang sudah ada standarnya dari Lockhead," ujarnya. Dugaan penyebab jatuhnya pesawat Hercules di Medan bisa jadi memang karena usia pesawat sudah tua, tapi ada baiknya kita tunggu saja kepastian dari investigasi.